BAB I
1. Latar
Belakang
Pada
saat ini, tak satupun manusia yang dapat menolak kemajuan tekhnologi. Salah
satunya adalah INTERNET. Internet merupakan sebuah penemuan yang telah mengubah
dunia dan mampu menghubungkan setiap orang didunia. Lalu bagaimana agar bisa
menggunakan internet? Maka masyarakat kecil menengah biasanya lebih memilih
menggunakan warnet sebagai pilihan utama dikarenakan biaya untuk memasang
speedy ataupun wireless yang masih tergolong mahal.
Warung
internet (WARNET) merupakan salah satu bisnis jasa yang sudah tidak asing bagi
masyarakat di Indonesia. Warnet tidak hanya disukai oleh kalangan muda tapi
juga disukai oleh kalangan dewasa bahkan anak-anak juga tidak terlepas dari
warnet. Di warnet setiap orang dapat melakukan browsing, gaming, ataupun online
pada jejaring sosial.
Beberapa jasa warnet biasanya hanya menawarkan pelanggan untuk browsing
pada google ataupun memainkan game online saja. Tanpa disadari, sebenarnya
pendapatan terbesar sebuah warnet terdapat pada print out, jilid, scanning dan
member yang loyal. Tetapi beberapa warnet masih mengandalkan pendapatannya pada
pelanggan yang hanya melakukan browsing atau gaming.
Seharusnya warnet tidak hanya memfasilitasi
pelanggan pada browsing tetapi juga print, jilid, bahkan fotocopy. Ditambah
lagi letak warnet yang disekitar kampus dan sangat strategis merupakan letak
yang sangat tepat untuk mendapatkan pendapatan ganda. Namun sampai saat ini,
masih ada beberapa pemilik warnet yang belum menyadari bahwa pendapatan
terbesar sebenarnya bukan dari billing yang digunakan pelanggan.
2. Rumusan
Masalah
a.
Bagaimana
mendapatkan keuntungan yang besar?
b.
Bagaimana
cara mempromosikan usaha warnet?
c.
Bagaimana
memanajemen usaha warnet?
3. Tujuan
a.
Membuka
pengetahuan tentang cara mendapatkan keuntungan selain dari browsing.
b.
Untuk
mengetahui bagaimana cara mempromosikan usaha warnet kepada masyarakat sekitar
lingkungan usaha.
c.
Untuk
mengetahui bagaimana cara memanajemen warnet.
4. Manfaat
a.
Memberi
informasi tambahan kepada penulis dan pembaca tentang warnet.
b.
Menambah
wawasan tentang keuntungan yang optimal dari sebuah warnet.
c.
Meningkatkan
keinginan berwirausaha bagi penulis dan pembaca.
0 komentar:
Posting Komentar